FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS
MERCU BUANA
SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
DOSEN
: HAPZI, PROF. DR. MM
NAMA : WAMRO ATUN
NIM : 43215120287
Fenomena apa yang mengawali terbentuknya kantor
maya dan bagaimana persepsi saudara tentang kantor maya (atau lebih dikenal
dengan kantor/toko online) didalam menjalankan bisnisnya dalam persaingan bisnis
yang semakin kompetitif saat ini.
Berikut adalah pendapat dari saya tentang kantor maya yang ada pada
saat ini.
Fenomena utk e-commerce
adalah:
1. Kemudahan akses internet dan
komunikasi data
2. Kemudahan membuat aplikasi
toko maya dan kemudahan pembayaran (financial technology)
Kedua fenomena tsb melahirkan
ribuan start-up yang berlomba untuk sukses.
Toko maya akan terus bertumbuh,
seiring persaingan efisiensi dan kemudahan teknologi.
Keuntungan Dan Kerugian Kantor
Maya
Keuntungannya
Pengurangan biaya fasilitas,
Perusahaan tidak harus memiliki kapasitas kantor yang besar, sehingga
mengurangi biaya sewa dan perluasan kantor.
Pengurangan biaya peralatan,
Telecommuter dapat berbagi peralatan seperti halnya para peserta LAN dalam
berbagi sumber daya.
Jaringan komunikasi formal,
Meningkatnya perhatian pada kebutuhan telecommuter berpotensi menghasilkan
komunikasi yang lebih baik daripada jika semua pegawai bekerja di lokasi yang
tetap.
Pengurangan penghentian kerja,
Dengan kantor maya, keadaan cuaca tidak mempengaruhi kegiatan transportasi
kerja.
Kontribusi sosial Kantor Maya
memungkinkan perusahaan mempekerjakan pegawai yang tidak memiliki peluang kerja
diluar tempat tinggalnya.
Kerugiannya
Rasa tidak memiliki, Kurangnya
kontak langsung antar pegawai, membuat berkurangnya perasaan menjadi bagian
penting dari suatu organisasi.
Takut kehilangan pekerjaan,
Kurangnya rasa keterkaitan dengan operasional perusahaan, maka pegawai merasa
mudah untuk dilepaskan/ dipecat.
Semangat kerja yang rendah, Tidak
adanya interaksi berupa umpan balik secara langsung dari rekan maupun atasan,
kemudian biasanya gaji bagi telecommuter lebih rendah, maka akan mempengaruhi
semangat kerja.
KeTegangan keluarga, Ketegangan
keluarga akan sangat berpengaruh pada kinerja para telecommuter.
Dari keuntungan perusahaan, hanya
satu yang bisa langsung dirasakan pegawai, tetapi dari kerugiannya semua
merupakan kerugian pegawai.
Jelaskan bidang aplikasi Sistem Informasi
Perkantoran (Office
Automation/OA) yang banyak di implementasikan pada
perkantoran modern saat ini dan atau bagaimana dengan Sistem Informasi di
kantor saudara implmentasi office Automation apa saja ?
Otomatisasi Kantor (Office Automation) digunakan oleh semua orang yang
bekerja di dalam kantor. Pada dasarnya ada 4 kategori pengguna Otomatisasi
Kantor, yaitu :
Manajer
Orang yang bertanggung jawab
mengelola sumber daya perusahaan, terutamaSDM.
Profesional
Profesional tidak mengelola
orang, tetapi menyumbangkan keahlian khususnya
Misalnya : Pembeli, wiraniaga,
dan asistenstaff khusus
Manajer dan professional secara
bersama dikenal sebagai pekerja terdidik.
Sekretaris
Biasanya ditugaskan pada pekerja
terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas seperti menangani
korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
Pegawai administratif
Melaksanakan tugas-tugas untuk
sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen, menyimpan
DO
Aplikasi Otomatisasi
Kantor
Word Processing
Word processing adalah penggunaan
suatu peralatan elektronik yang secara otomatis melakukan beberapa tugas yang
diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau cetak.
Word processing memberikan
kontribusi terhadap pemecahan masalah dengan memberikan kemampuan kepada
manajer untuk membuat komunikasi tertulis yang lebih efektif untuk diberikan
kepada anggota lain.
Electronic Mail
Electronic mail yang dikenal
dengan e-mail adalah penggunaan jaringan computer yang memungkinkan pemakai
untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan dengan menggunakan terminal
computer dan peralatan penyimpanan.
Voice Mail
Voice mail persis sama dengan
electronic mail. Perbedaannya bahwa anda hanya mengirimkan pesan dengan
mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya. Dan anda
menggunakan telepon untuk memanggil pesan yang telah dikirimkan kepada anda.
Voice mail memerlukan komputer
dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital dan mengubahnya
kembali menjadi benuk audio saat dipanggil.
Electronic Calendaring
Electronic calendaring adalah
penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil acara yang telah
ditetapkan oleh manajer. Electronic calendaring bersifat khusus diantara
aplikasi otomatisasi kantor, karena ia hanya menyusun terjadinya komunikasi
bukan mengkomunikasikan informasi.
Audio Conferencing
Audio conferencing adalah
penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat hubungan audio
diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan melakukan
konferensi.
Audio conferencing adalah
aplikasi Office Automation pertama yang tidak memerlukan komputer. Ia hanya
memerlukan penggunaan fasilitas komunikasi audio dua arah.
Video Conferencing
Video conferencing melengkapi
signal audio dan signal video. Peralatan televisi digunakan untuk mengirim dan
menerima signal audio dan video.
Orang yang berada dalam suatu
lokasi dapat melihat dan mendengar suara orang yang berada di lokasi lain
selagi konferensi dilakukan.
Tiga konfigurasi video
conferencing ( tergantung pada peralatan yang digunakan), yaitu:
1)
Video satu arah dan audio satu arah
2)
Video satu arah dan audio dua arah
3)
Video dan audio dua arah
Computer Conferencing
Computer conferencing adalah
penggunaan jaringan komputer, sehingga member kemampuan seseorang untuk
melakukan pertukaran informasi selama proses terjadinya konferensi. Aplikasi
ini hampir sama dengan electronic mail, karena kedua aplikasi ini menggunakan
hardware dan software yang sama.
Istilah ‘teleconferencing’
digunakan untuk menjelaskan ketiga bentuk alat elektronik untuk konferensi.
Teleconferencing digunakan dalam
seluruh proses pemecahan masalah yang gunanya untuk menukar informasi diantara
pemecah masalah (orang-orang yang memecahkan masalah) yang berada di kota yang
berlainan.
Facsimile Transmission
Facsimile transmission yang biasanya
disebut fax, adalah penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca tampilan
dokumen pada ujung channel komunikasi dan membuat salinan atau copy di ujung
yang lain. Fax sangat mudah diimplementasikan dan dioperasikan. Jalur telepon
suara dapat berfungsi sebagai channelnya dan pengoperasian peralatannya tidak
lebih sulit daripada mengoperasikan mesin fotocopy.
Video Text
Video text adalah penggunaan
computer untuk tujuan memberikan tampilan materi tekstual pada layar crt.
Materi tekstual dapat berbentuk naratif atau tabulasi, dan ia disimpan dalam
penyimpanan sekunder pada computer.
Image Storage and Retrieval
Beberapa jenis perusahaan
mempunyai volume dokumen yang besar, sehingga mereka harus menyimpannya dalam
file agar informasi dapat dipanggil atau didapatkan kembali jika diperlukan.
Untuk mengatasi masalah mengenai
penyimpanan dan pemanggilan tampilan maka digunakan microform, yang berupa
microfilm dan microfiche. Microform akan mengurangi kebutuhan ruang yang
diperlukan oleh dokumen kertas sampai sekitar 97%. Image storage and retrieval
digunakan dalam pemecahan masalah ketika ia diperlukan untuk melihat kembali
dokumen historis untuk tujuan pemahaman masalahnya
Desktop Publishing
Desktop publishing atau dtp
adalah pembuatan outpu
t tercetak yang kualitasnya
hampir sama dengan yang dihasilkan oleh typesetter.
Sistem desktop publishing terdiri
atas mikrokomputer dengan layar crt yang beresolusi tinggi, printer laser,
software desktop publishing.
Otomatisasi Kantor (Office Automation) digunakan oleh semua orang yang
bekerja di dalam kantor. Pada dasarnya ada 4 kategori pengguna Otomatisasi
Kantor, yaitu :
Manajer
Orang yang bertanggung jawab
mengelola sumber daya perusahaan, terutamaSDM.
Profesional
Profesional tidak mengelola
orang, tetapi menyumbangkan keahlian khususnya
Misalnya : Pembeli, wiraniaga,
dan asistenstaff khusus
Manajer dan professional secara
bersama dikenal sebagai pekerja terdidik.
Sekretaris
Biasanya ditugaskan pada pekerja
terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas seperti menangani
korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
Pegawai administratif
Melaksanakan tugas-tugas untuk
sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen, menyimpan
DO
Aplikasi Otomatisasi
Kantor
Word Processing
Word processing adalah penggunaan
suatu peralatan elektronik yang secara otomatis melakukan beberapa tugas yang
diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau cetak.
Word processing memberikan
kontribusi terhadap pemecahan masalah dengan memberikan kemampuan kepada
manajer untuk membuat komunikasi tertulis yang lebih efektif untuk diberikan
kepada anggota lain.
Electronic Mail
Electronic mail yang dikenal
dengan e-mail adalah penggunaan jaringan computer yang memungkinkan pemakai
untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan dengan menggunakan terminal
computer dan peralatan penyimpanan.
Voice Mail
Voice mail persis sama dengan electronic
mail. Perbedaannya bahwa anda hanya mengirimkan pesan dengan mengucapkan pesan
tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya. Dan anda menggunakan telepon
untuk memanggil pesan yang telah dikirimkan kepada anda.
Voice mail memerlukan komputer dengan
kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital dan mengubahnya kembali
menjadi benuk audio saat dipanggil.
Electronic Calendaring
Electronic calendaring adalah
penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil acara yang telah
ditetapkan oleh manajer. Electronic calendaring bersifat khusus diantara
aplikasi otomatisasi kantor, karena ia hanya menyusun terjadinya komunikasi
bukan mengkomunikasikan informasi.
Audio Conferencing
Audio conferencing adalah
penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat hubungan audio
diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan melakukan
konferensi.
Audio conferencing adalah
aplikasi Office Automation pertama yang tidak memerlukan komputer. Ia hanya
memerlukan penggunaan fasilitas komunikasi audio dua arah.
Video Conferencing
Video conferencing melengkapi
signal audio dan signal video. Peralatan televisi digunakan untuk mengirim dan
menerima signal audio dan video.
Orang yang berada dalam suatu
lokasi dapat melihat dan mendengar suara orang yang berada di lokasi lain
selagi konferensi dilakukan.
Tiga konfigurasi video
conferencing ( tergantung pada peralatan yang digunakan), yaitu:
1)
Video satu arah dan audio satu arah
2)
Video satu arah dan audio dua arah
3)
Video dan audio dua arah
Computer Conferencing
Computer conferencing adalah
penggunaan jaringan komputer, sehingga member kemampuan seseorang untuk
melakukan pertukaran informasi selama proses terjadinya konferensi. Aplikasi
ini hampir sama dengan electronic mail, karena kedua aplikasi ini menggunakan
hardware dan software yang sama.
Istilah ‘teleconferencing’
digunakan untuk menjelaskan ketiga bentuk alat elektronik untuk konferensi.
Teleconferencing digunakan dalam
seluruh proses pemecahan masalah yang gunanya untuk menukar informasi diantara
pemecah masalah (orang-orang yang memecahkan masalah) yang berada di kota yang
berlainan.
Facsimile Transmission
Facsimile transmission yang
biasanya disebut fax, adalah penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca
tampilan dokumen pada ujung channel komunikasi dan membuat salinan atau copy di
ujung yang lain. Fax sangat mudah diimplementasikan dan dioperasikan. Jalur
telepon suara dapat berfungsi sebagai channelnya dan pengoperasian peralatannya
tidak lebih sulit daripada mengoperasikan mesin fotocopy.
Video Text
Video text adalah penggunaan
computer untuk tujuan memberikan tampilan materi tekstual pada layar crt.
Materi tekstual dapat berbentuk naratif atau tabulasi, dan ia disimpan dalam
penyimpanan sekunder pada computer.
Image Storage and Retrieval
Beberapa jenis perusahaan
mempunyai volume dokumen yang besar, sehingga mereka harus menyimpannya dalam
file agar informasi dapat dipanggil atau didapatkan kembali jika diperlukan.
Untuk mengatasi masalah mengenai
penyimpanan dan pemanggilan tampilan maka digunakan microform, yang berupa
microfilm dan microfiche. Microform akan mengurangi kebutuhan ruang yang
diperlukan oleh dokumen kertas sampai sekitar 97%. Image storage and retrieval
digunakan dalam pemecahan masalah ketika ia diperlukan untuk melihat kembali
dokumen historis untuk tujuan pemahaman masalahnya
Desktop Publishing
Desktop publishing atau dtp
adalah pembuatan outpu
t tercetak yang kualitasnya
hampir sama dengan yang dihasilkan oleh typesetter.
Sistem desktop publishing terdiri
atas mikrokomputer dengan layar crt yang beresolusi tinggi, printer laser,
software desktop publishing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar