Kamis, 19 Oktober 2017

JAWABAN KASUS 6-2 (BIRCH PAPER COMPANY) SPM

NAMA                    : Wamro atun


SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

JAWABAN KASUS 6-2 (BIRCH PAPER COMPANY):

1.       Tawaran manakah yang harus diterima oleh divisi Nothern yang paling memenuhi kepentingan Birch Paper Company?

 Jawaban : Jika ambil Thompson : Thompson division mendapatkan profit yang dapat mem”balik modal”kan opportunity cost development yang telah dilakukannya (masalah biaya sudah dibayarkan oleh Northern).
Jika Thompson mendapat profit, otomatis karena Southern division juga berkontribusi dalam pembuatan produk, Southern division juga mendapat bagian dari profit yang diterima Thompson. Jika ambil West Paper : Northern Division mendapatkan suplai yang paling murah sehingga dapat meningkatkan profitabilitas divisi tersebut. Jika ambil Eire papers, Northern mendapat harga yang cukup murah (hanya selisih $2 dari harga yang paling murah, tapi juga memberikan kesempatan bagi Thompson dan Southern untuk mendapatkan proyek, sehingga menambah pendapatan bagi ketiga divisi. Yang terbaik : Eire Papers, karena harganya murah tapi dapat memberikan proyek bagi dua divisi lain, walaupun mungkin bagi Thompson proyek tersebut tidak terlalu bonafid karena tidak dapat membayar kembali opportunity costnya atas development effort yang telah dilakukan

2.       Apakah tuan Kenton harus menerima tawaran ini? Mengapa ya dan mengapa tidak?

Jawaban : Mr Kenton harus menerimanya, karena karena jika tidak menerima lelang ini, Northern division tidak akan mendapat job untuk membuat special display yang akan berpengaruh pada pendapatan divisi. Namun, Mr Kenton tetap dapat mengendalikan berapa jumlah kotak yang dipesan supaya menghasilkan profit maksimum bagi Northern division.

3.       Haruskah wakil presiden Birch Paper Company melakukan suatu tindakan?

Jawaban : Tindakan yang harus diambil hanya sebatas mengendalikan Northern division agar mengambil bukan peserta lelang yang paling murah saja. Serta memastikan bahwa Thompson division sebagai pihak yang telah melakukan banyak hal tidak merasa dirugikan.

4.        Dalam kontroversi yang telah dijelaskan sebelumnya, bagaimana system harga transfer dapat disfungsional? Apakah permasalahan tsb membutuhkan adanya perubahan dalam kebijakan penentuan harga transfer perusahaan secara keseluruhan? Jika ya, perubahan spesifik apakah yang Saudara sarankan?


Jawaban : Transfer price atau penentuan harga transfer tidak mengalami disfungsional sehingga secara keseluruhan tidak membutuhkan perubahan dalam kebijakan penentuan harga transfer perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasus 12-4: Anita’s Apparel

NAMA                        : Wamro atun NIM                              : 43215120287 DOSEN                      :  Suharmadi, Drs. A...