Kamis, 19 Oktober 2017

JAWABAN KASUS 7-8 (LEMFERT COMPANY) SPM

NAMA                    : Wamro atun

.

SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN 

JAWABAN KASUS 7-8 (LEMFERT COMPANY):
1.       Apakah hal ini merupakan praktik harga transfer yang baik bagi Lemfert Company? Jika tidak, bagaimana memperbaikinya?

Jawab :
Tidak, karena hal-hal sebagai berikut:
a. Penentuan harga transfer yang diterapkan oleh Lemfert Company kurang akurat. 
b. Lemfert Company menggunakan dasar biaya ditambah dengan margin laba yang margin labanya sama dengan sasaran laba difisional yang diterapkan pada biaya aset yang digunakan untuk membuat produk  bukan dari prosentase seluruh biaya yang melekat pada produk.
c. tidak adanya persetujuan antar unit usaha yaitu divisi pembuatan dan divisi
end item dalam memutuskan harga penjualan kepada pihak luar dan pembagian laba masing-masing divisi. sehingga Lemfert Company seharusnya membuat mekanisme Formal dimana wakil-wakil dari divisi tersebut bertemu secara berkala untuk memutuskan harga penjualan kepada pihal luar dan pembagian laba.

2.       Untuk perusahaan jenis apakah kebijakan yang telah diperbaiki tersebut tidak akan cocok? Mengapa?
Jawab:
Karena perusahaann jenis ini tidak memerlukan persetujuan antar unit usaha sehingga kebijakan yang telahdiperbaiki di atas tidak akan cocok untuk perusahaan jenis ini.

3.       Apakah menurut anda usaha untuk mengukur profitabilitas pada Divisi F menguntungkan? Jika tidak, bagaimana anada mengukur kinerja divisi ini?

Jawab:
Tidak, karena untuk mengukur profitabilitas pada divisi F yang hanya menggunakan margin kontribusi lebih mencerminkan kinerja pusat laba menejer divisi F saja yang menunjukkan rentang antara pendapatan dengan beban Variabel tanpa memperhatikan beban tetap yang melekat pada produk.

Menurut kami, cara yang tepat untuk mengukur profitabilitas pada divisi F adalah berdasarkan laba bersih ( Net income) yaitu jumlah laba bersih setelah pajak. Dimana pengukuran menggunakan laba bersih ini sangat mudah untuk mengalokasikan beban pajak penghasilan ke pusat laba dalam divisi F, selain itu bisa mengukur laba ekonomis dan juga untuk memotivasi para manajer untuk meminimakan beban pajak perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasus 12-4: Anita’s Apparel

NAMA                        : Wamro atun NIM                              : 43215120287 DOSEN                      :  Suharmadi, Drs. A...